Cara install plugin wordpress

Pada tutorial kali ini saya akan membuat tutorial tentang cara install plugins wordpress. Sebelum melakukan installasi plugin wordpress saya asumsikan anda telah melakukan installasi wordpress dengan benar. atau anda bisa mengunjungi link berikut ini untuk tutorial cara membuat website profesional dengan wordpress


Menginstall Plugin menggunakan Panel Admin WordPress Opsi Pencarian

Ini adalah cara termudah untuk menambahkan plugin WordPress. Satu-satunya kekurangan dari opsi ini adalah bahwa tersebut plugin harus berada di dalam direktori Plugin WordPress. Hanya plugin gratis yang mengikuti GPL dan semua pedoman WordPress berada di direktori ini.
Pertama masuklah ke Panel Admin WordPress anda dan klik Plugins » Add New
pencarianplugin
Anda akan melihat tampilan seperti yang ada di gambar di atas. Ketik nama plugin seperti yang kami lakukan. Kemudian Anda akan melihat sekelompok daftar seperti contoh di bawah:
hasilpencarianplugin
Anda akan memilih plugin yang terbaik bagi Anda. Karena dalam pencarian, kami sedang mencari Floating Social Bar maka akan muncul dibarisan pertama, lalu kami mengklik link Install. Sebuah popup akan muncul di layar, menanyakan apakah Anda yakin ingin menginstall plugin:
popupinstallplugin
Klik tombol OK dan WordPress akan men-download dan menginstall plugin untuk Anda. Setelah itu Anda akan melihat sesuatu seperti ini di layar:
aktifkanplugin
Pastikan bahwa Anda mengklik Aktifkan plugin, sekarang Anda telah menginstall plugin WordPress. Anda harus mengkonfigurasi pengaturan sesuai dengan kebutuhan anda. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin karena itu kami tidak akan menjelaskannya dalam postingan artikel ini.

Menginstall Plugin menggunakan Metode Upload pada Panel Admin Dashboard WordPress

Jika plugin yang Anda inginkan tidak berada di direktori Plugin WordPress entah itu karena plugin berbayar, atau plugin non-GPL, maka opsi ini adalah pilihan bagi pemula.
Pertama Anda harus men-download plugin dari sumber (menggunakan file zip), lalu pergilah ke panel admin WordPress Anda. Klik Plugin » Add New. Kemudian klik pada Upload Tab.
upload-plugin
Anda akan melihat tampilan seperti di atas. Carilah file yang diinginkan dan upload (hanya file zip saja). Anda akan dibawa ke halaman untuk mengaktifkan plugin yang seperti ini:
aktifkan-plugin
Pastikan bahwa Anda mengklik Aktifkan plugin, sekarang Anda telah menginstall plugin WordPress. Anda harus mengkonfigurasi pengaturan sesuai dengan kebutuhan anda. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin karena itu kami tidak akan menjelaskannya dalam postingan artikel ini.

Menginstall Plugin menggunakan FTP Manager

Jika Anda sangat baru dalam web dan tidak tahu apa-apa tentang FTP Manager, maka opsi ini bukanlah untuk Anda. Metode FTP manager adalah cara paling “sulit” untuk pemula dari tiga metode yang kami bagikan di artikel ini. Anda diharuskan untuk mengakses host Anda melalui FTP manager. Akses bagian (/wp-content/plugins/) dan upload file disana.
installftp
Gambar di atas adalah software FTP yang dikenal sebagai Ipswitch WS_FTP Pro. Anda hanya tinggal drag dan drop file Plugin. Anda harus memastikan bahwa Anda meng-upload folder yang sudah di unzip. Setelah Anda meng-upload, maka Anda akan harus mengklik pada tag Plugin di panel admin WordPress Anda.
Anda akan melihat plugin yang barusan Anda upload. Klik pada tombol Aktifkan dan selesai.

0 Response to "Cara install plugin wordpress"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan

wdcfawqafwef